Upaya Bank Mandiri Hadirkan Layanan Perbankan Digital dari Hulu-Hilir

Jakarta

Di tahun 2022, Bank Mandiri semakin menegaskan diri untuk mempercepat proses transformasi digital pada lingkup perusahaan. Upaya digitalisasi yang telah dilakukan selama 2 tahun terakhir ini membuahkan layanan perbankan digital dari hulu hingga hilir.

Lewat transformasi digital, bank berlogo pita emas ini berupaya menghadirkan transaksi keuangan yang serba instan, cepat, mudah dan aman. Direktur Information Technology Bank Mandiri, Timothy Utama menjelaskan implementasi inisiatif digitalisasi ini menjadi kunci perseroan untuk menyediakan pelayanan terbaik bagi nasabah.

“Dalam era saat ini, transformasi digital sangat dibutuhkan oleh masyarakat terutama di tengah tren adopsi digitalisasi teknologi yang semakin pesat,” ungkap pria yang akrab disapa Tim.

Untuk memenuhi kebutuhan nasabah ritel, Bank Mandiri menghadirkan aplikasi Livin’ by Mandiri berlogo kuning dengan inovasi fitur-fitur canggih yang memudahkan beragam jenis transaksi. Dalam tahun ini saja, Bank Mandiri telah menambah 2 fitur anyar pada aplikasi mobile Livin’ by Mandiri, yakni meluncurkan Livin’ Investasi pada Mei 2022 dan Livin’ Sukha pada Juli 2022.

Tim menyebut hadirnya fitur Livin’ Investasi mengakomodasi kebutuhan nasabah dalam berinvestasi dengan lebih cepat dan aman. Pembelian reksa dana dalam fitur ini pun tak memberatkan para nasabah, karena bisa didapatkan mulai Rp 100.000 saja.

Melalui aplikasi ini, nasabah juga dapat memantau portofolio yang dimiliki kapan saja dan di mana saja. Selain itu, nasabah pun tak perlu khawatir karena instrumen investasi yang tersedia dijamin karena telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Livin' by MandiriLivin’ by Mandiri Foto: dok. Bank Mandiri

Di Livin’ by Mandiri, hadir juga fitur baru Livin’ Sukha yang memungkinkan nasabah untuk memenuhi kebutuhan transaksi lifestyle dalam satu aplikasi. Nasabah bisa melakukan pembelian tiket pesawat, tiket kereta api, entertainment, pembelian voucher gim, pengajuan kredit, dan lain-lain tanpa perlu ribet berganti aplikasi.

“Sejak awal, kenyamanan nasabah dalam bertransaksi telah menjadi prioritas utama Bank Mandiri. Kini, akselerasi digital Livin’ by Mandiri telah berhasil menghimpun seluruh solusi transaksi finansial hingga gaya hidup (lifestyle) dalam satu aplikasi secara mudah, nyaman, dan aman,” jelas Tim.

Kopra Mobile App untuk Nasabah Wholesale Mandiri

Selain mendorong digitalisasi untuk mempermudah nasabah ritel, Bank Mandiri juga menghadirkan aplikasi Kopra Mobile App yang dapat memudahkan transaksi nasabah wholesale. Adapun aplikasi ini hadir sebagai solusi layanan keuangan nasabah wholesale yang semakin customer-friendly dan berorientasi hasil.

Direktur Treasury & International Banking Bank Mandiri, Panji Irawan mengungkapkan lewat Kopra Mobile App, nasabah dapat mengakses informasi keuangan perusahaan dan melakukan persetujuan transaksi dalam satu aplikasi saja. Fitur-fitur yang dihadirkan Kopra Mobile App menurutnya dapat mempermudah para pelaku usaha dan korporasi (wholesale) untuk bertransaksi dengan lebih cepat, aman, dan andal.

“Dengan kehadiran Kopra Mobile App, nasabah juga dapat melakukan persetujuan aktivitas transaksional dan non transaksional secara langsung di aplikasi,” ujar Panji dalam peluncuran Kopra Mobile Application di Istora Senayan, Jakarta.

Smart Branch Mandiri Pertegas Upaya Transformasi Digital Bank Mandiri

Lebih lanjut, Bank Mandiri melakukan digitalisasi pada 241 cabang melalui Smart Branch by Mandiri, serentak di 89 kabupaten/kota dan 29 provinsi di Indonesia pada akhir Juli 2022 lalu. Dengan hadirnya inovasi ini, nasabah dapat merasakan pengalaman perbankan yang lengkap dan digital secara langsung di cabang-cabang Bank Mandiri.

Smart Branch by Mandiri telah dilengkapi self-service machine. Juga disertai layanan bantuan dari General Banker (GB) yang siaga melayani para nasabah. Adapun layanan Smart Branch by Mandiri meliputi tiga tipe cabang, antara lain Digital Box, Hybrid Branch, dan Upgrade Branch.

Ketiga tipe cabang ini diharapkan dapat mengakomodasi seluruh karakter nasabah maupun masyarakat yang masih membutuhkan layanan perbankan di cabang. Serta bantu memberi edukasi finansial dengan lebih nyaman dan interaktif.

Bank Mandiri Kenalkan Aplikasi Mandiri Agen

Tak sekadar mendorong pemanfaatan teknologi digital, Bank Mandiri juga terus berupaya mengakselerasi inklusi keuangan di tengah masyarakat melalui berbagai inovasi. Salah satunya, Aplikasi Mandiri Agen yang merupakan digitalisasi dari Mandiri Agen (Agen Laku Pandai Bank Mandiri).

SEVP Micro & Consumer Finance Bank Mandiri, Josephus K. Triprakoso menyebut inovasi digital dari aplikasi Mandiri Agen ini turut mendukung salah satu fokus jalur keuangan di Presidensi G20 Indonesia beberapa waktu lalu.

“Bank Mandiri telah meluncurkan Aplikasi Mandiri Agen secara serentak di seluruh Indonesia pada 22 September 2022 lalu. Lewat platform digital ini, kami berharap masyarakat dapat lebih mudah mengakses layanan keuangan serta turut berkontribusi pada pertumbuhan inklusi keuangan,” ujar Josephus.

Aplikasi Mandiri Agen ini meliputi fitur layanan yang variatif. Dengan adanya aplikasi ini, Mandiri Agen dapat melayani lebih banyak pelanggan, seperti pembukaan rekening tabungan secara online di tempat, transaksi perbankan, serta transaksi pembayaran. Bahkan, Mandiri Agen juga dapat memberikan referral kredit dari pelanggan yang ingin mengajukan pinjaman mikro serta melayani pembayaran angsuran pinjaman mikro Bank Mandiri.

Sebagai informasi, per September 2022, pihaknya mencatat jumlah Mandiri Agen di Indonesia telah mencapai lebih dari 100.000 agen. Hadirnya agen-agen ini mendekatkan layanan Bank Mandiri pada masyarakat, sehingga nasabah tak perlu mendatangi kantor cabang atau ATM untuk melakukan transaksi perbankan.

Upaya transformasi digital yang dilakukan Bank Mandiri dari hulu hingga hilir di sepanjang 2022 ini membuat Bank Mandiri sukses meraih anugerah sebagai ‘The Leading of Digital Banking Application’ dalam detikcom Year In Review 2022.

Download PDF Report di sini.

Simak Video “Year In Review 2022: Akselerasi Daerah Menyangga Pembangunan Nasional
[Gambas:Video 20detik]

(prf/ega)

link