• Wed. Feb 28th, 2024

PermataBank Lansir Permata RDN Syariah Digital

JAKARTA, Investor.id Meningkatnya kesadaran masyarakat untuk berinvestasi di pasar modal terutama investasi syariah, PermataBank menghadirkan produk Permata RDN (Rekening Dana Nasabah) Syariah dengan layanan teknologi PermataAPI (Permata Application Program Interface). Layanan ini terintegrasi secara langsung dengan aplikasi Perusahaan Efek (PE) sehingga memungkinkan nasabah membuka RDN Syariah hanya dalam hitungan menit. Inovasi ini semakin memperkuat digitalisasi PermataBank yang terus memberikan layanan keuangan secara real time dan seamless untuk nasabah.

Data dari IDX mencatat terjadi peningkatan jumlah investor syariah pada tahun 2018 hingga 2022 dari 44,356 ribu investor menjadi 117,942 ribu investor. Namun, jumlah tersebut jauh tertinggal dari total investor pasar modal sebesar 1,619,372 menjadi 10,300,069 investors di periode yang sama. Tantangan terbesar utamanya adalah hampir tidak adanya pembukaan akun RDN Syariah secara online dan seamless. Oleh karena itu, PermataBank Syariah menghadirkan inovasi produk Permata RDN Syariah yang dapat diakses secara real time, seamless, dan paperless.

Herwin Bustaman selaku Direktur Unit Usaha Syariah PermataBank mengungkapkan, pesatnya disrupsi inovasi teknologi dalam kehidupan sehari-hari membuat PermataBank secara konsisten terus meningkatkan mutu produk dan layanan keuangan bagi nasabah. “Produk Permata RDN Syariah dengan teknologi PermataAPI menjadi bagian penting dalam transformasi digital tercepat dan efisien yang terintegrasi dengan aplikasi Perusahaan Efek (PE). Berbekal banyaknya kepercayaan partner dan nasabah, PermataBank Syariah bersiap memasuki tahapan baru dalam mendukung pertumbuhan investasi syariah di Indonesia,” kata Herwin dalam siaran pers, Jumat (3/3/2023)..

Proses pembukaan Permata RDN Syariah dapat dilakukan secara gratis tanpa perlu menyetor uang ke dalam akun serta bebas biaya administrasi bulanan dan biaya penutupan rekening. Terintegrasi dengan teknologi PermataAPI, nasabah akan mendapatkan kemudahan informasi saldo dan mutasi RDN Syariah hingga 12 bulan terakhir di PermataMobile X dan PermataNet kapanpun dan di manapun.

Permata RDN Syariah juga transparan untuk investasi karena pencatatan dana setiap nasabah dilakukan secara terpisah dari pencatatan dana Perusahaan Efek atau Bank Kustodian dan dana nasabah lainnya. Rekening investor akan dikelola secara Syariah dan mendapatkan bagi hasil (nisbah) yang menarik.

“Penerapan digitalisasi pada produk Permata RDN Syariah dengan layanan PermataAPI semakin memudahkan nasabah dalam layanan keuangan secara real time dan seamless. Proses open account menjadi lebih cepat, mudah, dan serba digital. Nasabah hanya perlu meluangkan waktu dalam hitungan beberapa menit untuk pengisian data diri dalam proses pembuatan rekening dana nasabah syariah hingga rekening berhasil dibuka.” ujar Herwin.

“Dukungan koneksi terintegrasi antara PermataBank dan RHB Sekuritas akan dilakukan secara online melalui Application Programming Interface (API) bukan hanya untuk pembukaan RDN Syariah saja, tetapi juga untuk seluruh keperluan transaksi terkait saham, mulai dari deposit dana, penarikan dana, hingga transaksi jual-beli saham.” ucap Thomas Nugroho, Chief Executive Officer PT RHB Sekuritas Indonesia.

Proses Customer Due Diligence (CDD) dan Know Your Customer (KYC) dalam pembukaan akun Permata RDN Syariah melalui aplikasi RHB TradeSmart ID Syariah dilakukan secara online serta terintegrasi secara otomatis ke dukcapil. Kemudahan pembukaan Permata RDN Syariah diharapkan dapat mendukung inklusi keuangan dengan meningkatkan jumlah investor domestik di pasar modal syariah.

Editor : Fajar Widhi ([email protected])


link

By admin