Gen Z Harus Tahu, Ini 5 Tips agar Transaksi Digital Aman-Nyaman

Jakarta

Generasi muda zaman now tak lagi bisa dipisahkan dari hadirnya gadget dan aplikasi digital. Apalagi, sekarang sudah ada banyak aplikasi digital yang memudahkan berbagai aktivitas sehari-hari, termasuk dalam bertransaksi keuangan.

Meski demikian, kamu perlu terus waspada saat bertransaksi secara digital. Sebab, jika transaksi dilakukan secara sembarangan tanpa menggunakan sistem keamanan yang lengkap, kamu akan terkena risiko berbahaya. Mulai dari kebocoran data hingga kerugian finansial.

Untuk menghindari risiko tersebut dan bertransaksi digital secara aman dan nyaman, ikuti beberapa langkah berikut yang dilansir dari Forbes.

1. Perbarui PIN & Passwords secara Berkala

Cara paling mudah untuk bertransaksi aman dan nyaman serta melindungi akunmu dari risiko kejahatan siber adalah dengan memperbarui PIN dan Password secara berkala. Dengan ini, kamu dapat mencegah peretas mengakses akunmu untuk hal-hal yang tak bertanggung jawab. Pastikan juga PIN/Password yang digunakan bukanlah kombinasi yang mudah ditebak, seperti ‘12345’ atau tanggal lahirmu.

2. Cek Ulang QR Code & Bukti Pembayaran

Untuk memastikan transaksi digital yang kamu lakukan aman, pastikan untuk selalu cek terlebih dahulu kode QR yang tersedia sebelum memindainya. Sebab, kode yang salah malah membuat datamu berisiko diretas oleh pihak yang tak bertanggung jawab.

Selain itu, cek ulang bukti pembayaran yang dilakukan. Setelah transaksi berhasil dilakukan, kamu akan menerima laporan pembayaran tersebut pada aplikasi maupun email/SMS.

3. Aktifkan Two-Factor Authentication

Semakin canggih aplikasi digital yang kini bisa digunakan, semakin bertambah juga risiko keamanan siber yang kini berkembang. Bagi kamu yang aktif melakukan transaksi keuangan digital, ada baiknya untuk mengaktifkan Two-Factor Authentication.

Two-Factor Authentication ini dapat melindungi kamu dari percobaan pengambilalihan akun dari orang yang tak bertanggung jawab. Sebab, hal tersebut berisiko membuat password-mu dicuri hingga pihak peretas dapat mengakses akun pembayaran digitalmu.

4. Rahasiakan Kode OTP

One Time Password (OTP) adalah kode rahasia yang biasanya digunakan untuk login dalam suatu akun. Kode ini menjadi langkah keamanan tambahan untuk mengakses laman atau aplikasi pembayaran digitalmu agar terhindar dari risiko kejahatan siber yang dapat merugikan.

Kode OTP hanya bersifat satu kali pemberian dan hanya bisa digunakan untuk satu akun. Yang harus kamu ingat agar transaksimu selalu aman, kode OTP ini tidak boleh dibagikan kepada siapa pun ya, sehingga harus kamu rahasiakan.

5. Pilih Aplikasi Terpercaya dengan Sistem Keamanan Lengkap

Pilihan pembayaran digital ditawarkan oleh berbagai aplikasi. Namun, kamu pun harus pintar-pintar memilih aplikasi terpercaya yang telah dilengkapi sistem keamanan lengkap dan ekstra agar dapat bertransaksi dengan aman dan nyaman.

Adapun salah satu aplikasi yang bisa kamu andalkan ialah aplikasi dompet digital DANA.

DANAFoto: dok. DANA

Dengan DANA, kamu bisa bertransaksi Bebas Cemas karena aplikasi ini sudah dilengkapi dengan sistem keamanan berlapis DANA Protection. Mulai dari PIN DANA, OTP, hingga DANA Viz (fitur Face Verification di DANA).

Aplikasi DANA juga sudah dilengkapi dengan rangkaian fitur keamanan, sehingga transaksi kamu dipastikan terjamin. Tak hanya itu, DANA juga siap memberi ketenangan dengan adanya fitur Pusat Resolusi di aplikasi DANA. Lewat fitur ini, jika terjadi kendala dalam transaksimu, kamu bisa langsung melaporkannya sekaligus mengecek progress dari penyelesaian kendala tersebut. Plus, kamu juga bisa menghubungi DANA Customer Care 24 Jam lewat fitur ini.

Yang lebih penting lagi, DANA juga memberikan Garansi 100% Uang Kembali jika terjadi hal yang tidak diinginkan sesuai dengan Syarat & Ketentuan yang berlaku di DANA. Pastinya bikin kamu tenang & Bebas Cemas bertransaksi ya.

Jadi tunggu apalagi, untuk urusan segala transaksi, yuk download & pakai DANA sekarang!

Simak Video “Pro Kontra Open Donasi yang Digalangkan Istri untuk Indra Bekti
[Gambas:Video 20detik]

(prf/ang)

link