Buat Transaksi Aman, 3 Fitur Ini Harus Dimiliki Aplikasi Finansial

Jakarta

Seiring dengan maraknya penggunaan aplikasi mobile, sistem keamanan perlahan menjadi salah satu faktor utama yang dipertimbangkan dalam memilih aplikasi. Apalagi menyangkut finansial dan transaksi digital, fitur keamanan dinilai krusial.

Tapi aspek keamanan seperti apa yang harus dipertimbangkan saat memilih aplikasi? Saat ini ada berbagai macam fitur keamanan yang disematkan dalam aplikasi mobile. Namun secara fundamental, aplikasi bisa dibilang aman jika memiliki 3 fitur berikut.

PIN

Sistem keamanan pertama yang harus ada yaitu PIN. Dilansir dari thebalancemoney, PIN atau Personal Identification Number adalah kode numerik pendek yang digunakan sebagai metode otentifikasi yang seringkali digunakan untuk transaksi keuangan elektronik.

Keamanan ini berfungsi sebagai metode keamanan ekstra yang mencegah seseorang yang tidak berwenang membobol akun dari aplikasi keuangan atau kartu perbankan dari seorang nasabah.

PIN biasanya berbentuk angka atau gabungan dari angka, huruf, dan beberapa simbol. PIN juga direkomendasikan tidak terdiri dari angka yang sama, tapi juga harus mudah diingat dan sulit untuk ditebak.

OTP

Sistem keamanan selanjutnya yang harus dimiliki adalah One Time Password atau OTP. Dikutip dari USNews, OTP adalah kata sandi sekali pakai yang dipakai untuk masuk ke sebuah device atau layanan online lainnya.

Sistem keamanan ini menjadi langkah pertama ketika pengguna sebuah aplikasi mengaktifkan fitur otentikasi dua faktor atau Two Factor Authentication. Ini menjadi sistem keamanan berlapis untuk melindungi data pengguna di dalam aplikasi.

Pengguna nantinya menerima beberapa angka acak untuk dimasukkan ke dalam aplikasi ketika sistem keamanan ini aktif. Nomor acak tersebut akan dikirimkan ke nomor handphone yang terdaftar. Sehingga dapat mencegah pengguna yang tidak sah membobol data di sebuah akun.

Saat menerima Kode OTP, pastikan untuk dirahasiakan dan tidak dikasih tau ke orang lain agar transaksi berjalan aman.

Face Authentication

Keamanan lainnya adalah otentikasi wajah yang menjadi teknologi teranyar untuk melindungi data di sebuah aplikasi online. Sistem ini memungkinkan pengguna untuk masuk ke aplikasi menggunakan wajarnya.

Sistem ini bergantung pada teknologi yang dipadukan beberapa algoritma biometri. Biasanya untuk mengaktifkan sistem ini, pengguna diminta untuk mengangguk, menoleh ke kanan dan kiri agar sistem dapat mengenali wajah dari pengguna.

Itu tadi beberapa sistem keamanan yang sebaiknya dimiliki oleh aplikasi mobile, terutama aplikasi untuk transaksi digital. Hal ini juga yang dilakukan oleh dompet digital DANA yang melengkapi sistem keamanan berlapis & dinamis DANA Protection.

DANAFoto: dok. DANA

Dengan adanya DANA Protection, transaksimu bisa selalu terjaga. Pasalnya di DANA, transaksimu akan diproteksi oleh PIN DANA, Kode OTP, juga DANA Viz (Fitur Verifikasi Wajah di DANA).

Jadi tak perlu lagi ragukan keamanan bertransaksi yang ditawarkan oleh DANA. Untuk download & pakai aplikasi DANA sekarang biar segala transaksimu jadi semakin Bebas Cemas & #BebasDrama!

(prf/hns)

link