Site icon Business Industry and Financial

10 Aplikasi Keuangan Digital Paling Banyak Diunduh Global 2022, Ada dari Indonesia

Aplikasi keuangan digital merupakan salah satu layanan yang banyak digunakan oleh pengguna internet global. Seperti aplikasi fintech pembayaran yang makin digandrungi karena kemudahan akses keuangan yang diberikan kepada konsumen.

Lantas, apa saja aplikasi keuangan digital yang paling banyak diunduh secara global sepanjang 2022?

Berdasarkan data perusahaan riset aplikasi Apptopia, PhonePe merupakan aplikasi keuangan digital yang paling banyak diunduh pada 2022. Aplikasi asal India itu telah diunduh sebanyak 94 juta unduhan sepanjang tahun lalu.

Menurut Apptopia, tidak ada aplikasi perdagangan Crypto atau saham tahun ini yang menduduki peringkat teratas pada daftar tahun ini. “Aplikasi keuangan yang paling banyak dipasang adalah aplikasi yang memungkinkan perpindahan uang dari orang ke orang,” demikian dilansir dari laman Apptopia.com.

Selanjutnya, PayPal menempati urutan kedua aplikasi keuangan digital paling banyak diunduh secara global. Aplikasi milik perusahaan multinasional asal Amerika Serikat (AS) ini telah diunduh sebanyak 92 juta unduhan sepanjang 2022.

Kemudian, Google Pay menempati urutan ketiga aplikasi keuangan digital paling banyak diunduh secara global pada 2022 yaitu sebanyak 69 juta unduhan. Ada pula aplikasi keuangan digital lainnya, seperti Cash App, Paytm, dan Alipay.

Sementara, terdapat satu aplikasi keuangan digital asal Indonesia yang masuk daftar ini, yaitu DANA Dompet. Aplikasi milik PT Espay Debit Indonesia Koe ini telah diunduh sebanyak 42 juta unduhan secara global tahun lalu, serta menempati peringkat kedelapan.

Berikut adalah 10 aplikasi keuangan digital yang paling banyak diunduh secara global pada 2022:

  1. PhonePe: 94 juta kali unduhan
  2. PayPal: 92 juta kali unduhan
  3. Google Pay: 69 juta kali unduhan
  4. Cash App: 66 juta kali unduhan
  5. Paytm: 60 juta kali unduhan
  6. Alipay: 59 juta kali unduhan
  7. Nubank: 49 juta kali unduhan
  8. DANA Dompet: 42 juta kali unduhan
  9. Airtel Thanks: 41 juta kali unduhan
  10. Caixa Tem: 38 juta kali unduhan

Apptopia menghitung jumlah unduhan aplikasi sepanjang 1 Januari-20 Desember 2022 di iOS maupun Android. Namun, khusus di Tiongkok, Apptopia hanya menghitung jumlah unduhan di iOS.

Perusahaan riset tersebut juga menetapkan hitungan unduhan berdasarkan pada unduhan setiap satu pengguna. Ini artinya, pengguna yang melakukan uninstall aplikasi kemudian mengunduhnya lagi, tak masuk dalam perhitungan.

(Baca: Adu Laba Bank Digital Semester I-2023, Siapa Teratas?)

link

Exit mobile version